2009/02/28

cara persentasi sidang skripsi

SEPULUH MENIT YANG BERKESAN

(Petunjuk Praktis Presentasi Dalam Sidang Skripsi/ thesis)

Dalam sidang skripsi, presentasi hasil penelitian yang dilakukan pada sepuluh menit pertama merupakan komponen yang paling penting karena dijadikan sebagai pembangun kesan pertama (first impression). Untuk itu kandidat sidang skripsi harus benar-benar melakukannya dengan sangat baik. Kualitas presentasi hanya dapat diciptakan dengan persiapan yang matang. Berikut adalah beberapa petunjuk praktis yang dapat dilakukan kandidat.

1. Kelengkapan Bahan Presentasi

Presentasi yang baik dinilai dari VISUALISASI ringkasan hasil penelitian yang dijadikan pendamping utama penyampaian lisan/ narasi. Visualisasi dapat dibuat dengan bantuan alat presentasi utama, yaitu: OVERHEAD PROJECTOR (OHP) dan MULTIMEDIA PROJECTOR. Pemilihan alat bantu ditentukan oleh:

- ketersediaan alat

- kemampuan menggunakan

OVERHEAD PROJECTOR (OHP)

Alat bantu ini paling banyak tersedia di fakultas sehingga menjadi alat yang paling populer untuk digunakan kandidat. Walaupun nampak mudah dan sederhana, OHP dapat dijadikan pendamping utama yang menciptakan kesan baik jika dipersiapkan dengan baik:

a. Ukuran ruang OVERLAY (lembaran untuk disajikan di atas OHP) yang paling ‘aman’ adalah 21 X 21 cm agar seluruh isi sajian dapat terlihat jelas.


b. Ukuran Huruf minimal 16 pt. Jenis huruf tidak ditentukan selama bersifat formal dan tidak fancy. Jika menggunakan warna, harus kontras dengan background.

c. Ilustrasi (berupa gambar atau lambang) sebaiknya digunakan tetapi harus sangat RELEVAN dan MENDUKUNG isi. Ilustrasi boleh berwarna dan harus kontras dengan background.

MULTI MEDIA PROJECTOR

Jika memungkinkan (tersedia di fakultas atau kandidat menyediakan sendiri) alat bantu yang paling baik karena bisa menyajikan isi secara audio dan visual. Namun demikian ketentuan tentang kontras, ukuran, jenis dan warna huruf serta ilustrasi tetap sama dengan jika menggunakan OHP. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa suara hanya dikeluarkan jika memperjelas isi (misal: efek atau rekaman wawancara), dan bukan ilustrasi musik (backsound).

COMPUTER MONITOR

Apabila multimedia projector tidak diperoleh, presentasi tetap bisa dilakukan melalui monitor, tetapi hanya menjadi pendamping penggunaan OHP.

PRODUK SEBAGAI PELENGKAP PRESENTASI

Kandidat dengan penelitian berobjek sebuah produk sebaiknya melengkapi presentasinya dengan membawa produk atau prototype atau model/ gambarnya (jika yang asli terlalu besar/ tidak mungkin dibawa). Ini diperlukan juga pada saat menjawab pertanyaan sekitar objek.

2. Isi (content) Presentasi

Sesuai dengan maksud presentasi untuk menyampaikan RINGKASAN HASIL PENELITIAN dengan waktu yang hanya sepuluh menit maka isi presentasi harus benar-benar ringkas tetapi mampu menggambarkan seluruh isi skripsi. Untuk itu isi presentasi harus dipilih HANYA YANG UTAMA dari keseluruhan isi. Berikut adalah isi yang perlu disajikan.

Lembar 1: JUDUL dan Nama + NPM

Lembar 2: LATAR BELAKANG dan RUMUSAN MASALAH

Latar belakang tidak boleh berbentuk kumpulan kalimat tetapi hanya berupa POIN-POIN PENTING (pointers) dari keseluruhan isi latar belakang. Akan lebih baik dan menarik jika latar belakang disajikan dalam format BAGAN (chart) yang menggambarkan alur uraian dengan menggunakan lambang penghubung (arrows/ lines). Contoh:

LATAR BELAKANG


Rumusan Masalah dapat ditulis pada lembar yang sama jika ruang (21X21 cm) masih tersedia. Jika tidak, maka ditulis di lembar ke tiga.

Lembar 3:

- (RUMUSAN MASALAH)

-TUJUAN PENELITIAN: Hanya ditulis satu kalimat yang menjawab rumusan masalah.

- METODE PENELITIAN: Sebutkan nama metode (tanpa definisi dan alasan)

- POPULASI: Sebut siapa yang jadi populasi (dan jumlah, jika ada)

- SAMPEL: Sebut teknik sample yang digunakan dan berapa jumlah responden

Jika menggunakan Sumber Informasi/ informan, sebutkan jabatan sumber

Lembar 4: KESIMPULAN

Seperti pada latar belakang, kesimpulan tidak boleh menggunakan kumpulan kalimat, tetapi poin utama dari kesimpulan. Misal:

1. TAMPILAN LAYANAN – MENYENANGKAN

2. ISI INFORMASI – MENDORONG KEPUTUSAN

Kecuali merupakan bagian penelitian, saran tidak perlu disajikan.

3. PENYAMPAIAN (Presenting)

Bagian ini adalah yang paling sulit. Orang yang sangat sering melakukannyapun masih menghadapi kesulitan. Oleh karena itu persiapkan semuanya sebelum mulai.

Memulai (get starting)

- Jangan datang terlambat! Kandidat memerlukan waktu cukup untuk memeriksa semua kelengkapan presentasi sebelum masuk ruang sidang.

- Gunakan waktu sebelum pembukaan sidang untuk mecoba alat projeksi (OHP, monitor, multimedia projector) dan berlatih meletakan transparan dengan posisi benar.

- Periksa kembali perlangkapan yang harus dibawa masuk ruang sidang: skripsi, transparan, alat tulis, kertas kosong/ notes, contoh produk.

- Take a deep breath, pray and get inside...

Pembukaan

- Duduklah setelah diminta oleh ketua sidang. Susunlah semua bahan (juga lat tulis) yang akan disajikan di meja agar mudah diambil. Jangan sajikan sebelum dipersilakan ketua sidang.

- Peganglah sesuatu (pensil, ballpen, kertas catatan) untuk mengurangi kegugupan.

- Tarik nafas lagi dan ucapkan: “Selamat pagi/ siang/ sore...Saya akan menyampai-kan.......” Jangan ada basa basi lagi.

Penyampaian (cara yang sama berlaku untuk penggunaan multimedia, kecuali beberapa hal)

- Berdirilah dengan percaya diri

- Perhatikan posisi berdiri agar tidak berada di antara layar dan penguji.

- Jagalah pandangan agar terfokus pada penguji (tidak ke layar, ke atap atau keluar). Jika takut, pandanglah pembimbing lebih sering.

- Perhatikan posisi tampilan pada layar sekali-sekali. Jaga agar tidak miring.

- Tampilkan seluruh gambar (jangan menutup sebagian seperti mengajar(i))

- Persiapkan lembar berikut sebelum lembar sebelumnya selesai. Jangan biarkan layar kosong karena mengambil lembaran awal di OHP sebelum lembar berikut siap.

- Perhatikan apakah suara anda terdengar jelas oleh penguji (perhatikan reaksi penguji).

- Jangan pernah MENUNJUK LEMBAR TRANSPARANSI, apalagi layar!

Penutupan

- Ucapkan saja:”Demikian presentasi ringkasan skripsi saya. Terima kasih...” Jangan ada basa-basi lagi.

- Bereskan kembali semua lembaran transparan. Duduklah setelah dipersilakan ketua sidang.

- GET READY!

Catatan Tambahan:

Di luar sidang

- Berpakaianlah yang nyaman

- Bawalah saputangan (gugup adalah biang keringat)

- Usahakan agar ada teman untuk berbagi gugup dan bisa menjaga bawaan yang ditinggal (tertinggal) di luar ruang sidang.

- Bawa bekal makanan dan minuman. Masa sidang (dari pembukaan sampai yudisium) cukup lama. Jangan kehabisan tenaga sebelum mulai.

Untuk presentasi

- Beri nomor urut pada sisi atas transparansi agar mudah ditemukan jika (tanpa sengaja) tercecer.

- Beri tanda atau catatan pada lembar asli (bukan transparan) untuk mengingatkan kandidat hal-hal yang harus diucapkan. Tulisan / tanda harus cukup besar agar bisa dibaca sambil berdiri pada saat diletakan di atas meja.

- Jika ada lembar lembar ralat, sampaikan pada petugas acara sidang, tidak menyampaikannya sendiri.

- Jika menggunakan komputer, periksa sehari sebelumnya untuk mengetahui apakah komputer fakultas yang akan digunakan cocok dengan sistem yang dipakai untuk membuat materi presentasi. Jika tidak cocok, terpaksa bawa sendiri.

Jika memungkinkan (harusnya diusahakan), berlatihlah presentasi beberapa kali di depan teman atau sendirian. Ujilah semua perlengkapan. Bisa meningkatan rasa percaya diri.

SELAMAT BERPRESENTASI


Do Your Best!!!

4 komentar:

  1. Kak, prtanyaan apa aja yg sering diajukan wkt sidang?

    BalasHapus
  2. thnx bro infonya......

    BalasHapus
  3. makaci bnyak infonya,
    klo boleh tanya kenapa ga boleh menunjuk kertas transparansi apalagi layar...?????
    klo pake laser buat menujuk di layar boleh ga??

    BalasHapus

silahkan komentar apa ajah...
so enjoyed